Belajar Maintanance Hardware 7 komponen pokok sebuah komputer

7 komponen pokok sebuah komputer :
1.      Motherboard
2.      Processor
3.      Ram
4.      Harddisk
5.      VGA
6.      CD Room & Sound
7.      Power Supply Unit (PSU) (Listrik)

a.       Motherboard
Merupakan papan sirkuit besar yang terbuat dari bahan plastik/fiber berlapis jalur tembaga yang mengandung banyak chip-chip dan komponen electronika lainnya dengan susunan yang sangat rumit. Pada setiap jenis motherboard terdapat slot ekspansi sebagai tempat menancapkan card-card perantaran untuk hubungan luar.terdapat chio BIOS (Basic Input Output System), beberapa slot memory-bank, soket CPU (Processor) dan beberapa konektor dan jumper.
1)      Slot Ekspansi 
Bentuk lain dari bus, dibentuk dari konektor panjang pipih yang berisi deretan kotak logam yang disebut pin. Dipakai untuk menempatkan kartu-kartu pengendali agar komputer dapat berhubungan dengan peralatan luar atau perangkat input/output seperti mouse, printer, monitor dan yang lainnya.
2)      Chip BIOS
Kumpulan dari beberapa chip memory ROM(Read Only Memory), BIOS biasa juga disebut ROM-BIOS atau CMOS. Mengandung serangkaian instruksi pengontrol peralatan input/output dan konfigurasi peralatan yang terpasang pada komputer. Biasanya dilengkapi dengan baterai CMOS, fungsinya memberikan catu daya pada CMOS yang menyimpan segala informasi setting hardware melalui setup BIOS.

b.      Microprocessor (processor dan co-processor)
Jantung dari unit PC, semua proses perhitungan dan logika lainnya terpusat di sini. Terdapat berbagai jenis dan generasi processor, ketika IBM PC pertama kali dikenalkan, kecepatan clock. Kapasitas memori dan penyimpanan masih sangat terbatas. Keadaan berubah saat munculnya IBM XT (komputer yang sudah menggunakan media hard disk). Muncul PC sejenis yang menggunakan tiruan atau clone dari IBM XT, selanjutnya populer dengan nama IBM-Compatible. PC ini yang sekarang banyak kita gunakan.
Intel, merupakan pemasok utama processor bagi komputer produksi IBM, mengembangkan chip 8088 yang merupakan jantung utama IBM XT. Selain Intel,  terdapat Cyrix Corp. Dan Advance Micro Device (AMD). Coprocessor mampu melakukan operasi floating point(operasi pada angk desimal) dan operasi matematika lainnya lebih cepat.

c.        Ram
Random Access Memory menggambarkan tentang cara kerja chip tersebut yang dapat diakses secara acak (random), tidak tergantung dari urutan alamat lokasi memory yang ada. RAM sangat cocok untuk wadah penempatan data sementara, baik yang akan maupun telah selesai di olah, sebelum data tersebut dikirim ke tempat lain. RAM juga berfungsi untuk memuat program-program yang sedang aktif.
d.      Harddisk
Hard disk drive merupakan salah satu media penyimpanan eksternal. Kemampuan penyimpanan data sampai puluhan ribu kali lebih banyak dari pada floopy disk dan akses baca tulisnya lebih cepat. Teknologi penggerak hard disk (hard disk drive) hampir sama dengan penggerak disket(floopy disk drive), keduanya sama-sama menggunakan teknik perekaman data magnetis di atas permukaan oksidasi logam.
e.        VGA
Video Graphic Adapter dapat menampilkan banyak warna (maksimal 16 juta warna). Jumlah warna yang ditampilkan tergantung dari besarnya memori VGA
f.        Power Supply Unit (PSU) (Listrik)

Unit ini bertugas men-supply seluruh kebutuhan daya listrik yang dipakai komponen-komponen di dalam komputer. Prinsip kerjanya mengubah aliran listrik bolak-balik (AC)menjadi searah (DC) dengan tingkat tegangan yang tepat dan stabil, memasok aliran listrik DC  ke seluruhan rangkaian peyusun sistem komputer. Titik-titik tegangan yang harus dihasilkan oleh unit catu daya untuk disalurkan ke motherboard dan komponen lain melalui kabel berwarna biasanya terdiri dari empat tingkatan, yaitu +5 volt (merah),  -5 volt(biru), +12 volt (kuning), -12 volt (hitam) dan power-good (orange/jingga).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Maintanance Hardware 7 komponen pokok sebuah komputer"

Posting Komentar